Sekolah : SMP ……………
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VII / 1 (Ganjil).
Pokok bahasan : Pecahan
Sub pokok bahasan :penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan biasa
Standar Kompetensi :
· Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam kehidupan sehari hari.
Kompetensi Dasar :
· Melakukan operasi hitung bilangan pecahan biasa.
Indikator :
Agar siswa mampu :
1. Memahami sifat- sifat penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan biasa.
2. Menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan biasa.
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Agar sisiwa dapat memahami apa yang sudah dinyatakan di indikator.
A. Materi Pokok
Penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan biasa
A. Strategi Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran : Kontruktivisme
Model pembelajaran : Kooperatif
Metode pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab, Diskusi, dan
Pemberian tugas.
B. Langkah-langkah Kegiatan
Materi | Alokasi waktu (menit) |
I. Pendahuluan a. Membahas PR. b. Mengingatkan bahwa materi yang akan dipelajari adalah Penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan biasa. | 7’ |
II. Kegiatan Inti 1. Guru menjelaskan materi tentang sifat Penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan biasa dan memberikan contoh pada tiap – tiap indikator. 2. Guru melakukan tanya jawab tentang materi yang di bahas. 3. Guru bembagi beberapa kelompok dan memberikan latihan soal pada siswa dan di kerjakan di depan kelas serta dibahas langsung oleh guru dan siswa. 4. Guru memberikan latihan soal ke dua. Disini siswa yang mampu mengerjakan soal dengan benar, dan tercepat di depan kelas, maka siswa akan diberi hadiah oleh guru. | 65’ |
III. Penutup 1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman. 2. Siswa dan guru melakukan refleksi. 3. Guru memberikan tugas (PR) dari Buku Paket atau LKS. | 8’ |
A. Media dan Sumber Pembelajaran
Media :
~ Kertas karton
~ Gambar buah (yang dapat menunjukkan kedalam pecahan biasa)
~ Kertas folio
Sumber Belajar
~ LKS PR Matematika Kelas VII semester 1.
~ Buku lain yang mendukung dalam pembelajaran.
A. Penilaian
Teknik : keaktifan siswa, tugas individu, dan kuis siapa cepat dia dapat.
Bentuk instrument : uraian singkat
Contoh Instrumen :
- Bayu di beri buah mangga oleh ibunya sebanyak 1/4 bagian, kemudian agung diberi buah apel oleh ayahnya sebanyak 5/8 bagian, berapaka banyak buah yang di miliki agung dan bayu?
- ... + 11/8 =
- 16/8 + .... = 16/24
Tidak ada komentar:
Posting Komentar